3 Hari Jadi Aruna Kenyang Juga Ya! | Travelokaeats

Hi, babes!

Masih inget sama film Aruna dan Lidahnya? Itu lho, film yang isinya makan-makan terus tapi nggak puas-puas! HAHAHAHA. Diperanin sama pasangan fenomenal dari jaman Aku masih SD, rasanya gemes aja gitu. Kok bisa sih mereka se-klop itu? tapi nggak baper. Right, skip!

Jadi tanggal 2 November kemarin Aku dan 3 temen-temen Blogger lainnya dari Jakarta dikasih kesempatan buat ikut Surabaya & Madura Culinary Trip. Buat yang belum tau Travelokaeats itu apa, ini tuh semacam platform-nya Traveloka yang khusus ngeluarin rekomendasi tempat kuliner asik, promo-promo menarik dan open source juga kalau kita mau nge-review disana. Trip kali ini bakal mengulang sedikit scene makan enak ala Aruna dan Lidahnya, dan juga beberapa tempat yang bakal kita datengin itu katanya sesuai dengan buku/film yang dibuat, lho!

Buku panduan makanan yang ada di film & buku Aruna dan Lidahnya

Kita berangkat dari Jakarta sekitar jam 5 pagi dan sampai di Surabaya sekitar jam 6-an lah. Flight pakai maskapai Garuda Indonesia, udah dijamin mulus, lancar, jaya, tsaaah! Jujur ini pertama kalinya aku beneran ngulik yang namanya Surabaya. Biasanya cuma transit atau numpang lewat kalau mau ke Bali naik mobil. HAHA, Asli bok, first impression Aku pas sampai disini cuma dua: BERSIH dan PANAS BANGET!  Keliling disini nggak jauh-jauh dari got-got besar dan trotoar, tapi semuanya bersih dan enak dipandang, hebat Ibu Risma!

Juanda International Airport

Gampang sebenernya bikin aku tahluk dari distraksi buruk yang ada tiap traveling, kasih aja aku pemandangan awan biru yang bersih. Aku bisa bilang "aku seneng banget" berkali-kali, thank you Surabaya. Perjalanan dari Juanda International Airport ke Harris Hotel Surabaya itu lumayan jauh ternyata, sekitar 1 jam lebih. Ku pikir bandaranya bakalan ada ditengah kota, ternyata di Sidoarjo. Nice! Nice! Aku kebetulan emang suka lihat pemandangan dari mobil saat berlibur, lumayan buat stress relief  (asal nggak macet aja, hm. Kalo udah macet beda cerita). Sampai di hotel Aku, Dessy, Icha, dan Sabe akhirnya ketemu dengan tim Travelokaeats dan juga banyak Food Blogger lokal Surbaya lainnya. Ini satu dari banyak alasan lainnya kenapa aku betah jadi Blogger, bisa bertemu banyak orang yang sehobi dan sefrekuensi.

Sekitar jam 8 pagi kita berangkat dari Harris Hotel ke empat tujuan hari itu, Depot Anda Fit, Jokopi, Rujak Soto Dahlia dan malamnya kita makan Sate Klopo Ondomohen. Aku emang nggak punya begitu banyak foto makanan selama disana, habis udah terlanjur "gas" tiap makanannya dateng. Tapi kalo Kamu ngerasa pengen liat lebih "nyata", langsung melipir ke highlights Instagramku aja (klik disini). Disana Insya Allah lengkap tiap stops.

DAY 1 - 2 November 2018

1. DEPOT ANDA FIT
Buat Kamu yang suka makan Rawon, tempat ini nggak boleh kelewatan! Lokasinya ada di tengah-tengah kota dan tempatnya juga nyaman. Kenapa Aku bilang tempat ini nggak boleh kelewatan, daging Rawon-nya itu EMPUK BANGET! Nenek Aku aja nih, bisa gigit kayaknya.

Rawon

Porsinya gede dan bumbunya berasa. Bukan cuma Rawon aja jagoan dari Depot Anda Fit ini. Sop Buntutnya pun juara! Sama kayak Rawonnya, Sop Buntut disini juga empuk. Nggak ada aroma amis, lengkap dengan wortel dan kentangnya. Kalo perut Kamu nampungnya nggak banyak, aku saranin buat makan seporsi berdua. Biar lemaknya sedikit berkurang, pesen minum Teh Tawar jangan lupa! Kasih perasan jeruk nipis juga boleh. Pilihan kerupuk dan oleh-oleh disini juga beragam. Cocok lah buat turis karbitan macam Aku inih! Ngomong-ngomong Depot Anda Fit yang aku datengin ini tempat shooting-nya Aruna dan Lidah-nya, lho!

Sop Buntut

Jokopi

Sekilas namanya ngingetin kita sama Presiden Jokowi nggak sih?  Unik banget! Lupa nanya sih kenapa namanya "Jokopi". ES KOPI SUSU MEREKA ENAK BANGET! Padahal sejujurnya aku bukan anak yang ngopi banget.

Es Kopi Susu

Es Kopi Susunya itu ringan. Nggak bikin kepala pusing, aroma kopinya khas, dan HARGANYA CUMA 15 RIBU. Di kantorku aja, Es Kopi paling murah 20 ribuan, belum sama pajak-pajakan dan itu udah aku bilang murah. Ternyata, di Surabaya adalagi yang lebih murah. Enak pula! Bukan cuma kopi susunya aja yang juara, disini juga ada Es Kopi Charcoal yang gokil! Ngebayangin nggak sih charcoal jadi campuran kopi? Unik rasanya. Jokopi ini punya tempatnya cukup Instagramable karena vintage dan rapih.

3. Rujak Soto Depot Banyuwangi Dahlia Ngagel Jaya Barat
Pas dibilang mau makan "Rujak Soto", bayangan aku itu adalah ketemu jambu air, mangga muda, bengkoang dan sambel petis. Kenyataannya? Ini Soto beneran! Tapi isinya bukan ayam, melainkan sengkel, telur, kangkung, tauge, tahu dan yang bikin dibilang Rujak Soto itu ada, petisnya. HAHAHAHA, kena banget aku sama namanya.

Rujak Soto

Nah, Rujak Soto Depot Banyuwangi Dahlia Ngagel Jaya Barat ini tuh terkenal banget di Surabaya. Hidden gem, tapi rame! Selain Rujak Soto dan Rujak Cingur yang harus kalian coba dari tempat ini, ada Jangkang juga yang nggak boleh kelewatan! Namanya emang aneh, tapi sekali kamu coba, rasanya kayak habis menang undian. ENAK BANGET!

Jangkang

Jangkang itu semacam pepes kepiting yang Aku juga nggak ngerti gimana cara bikinnya sampai dia bisa lembut dan jadi tipis-tipis kayak gitu. Jangkang ini punya rasanya gurih, dan bener-bener berasa kepitingnya! Tapi kalau kamu punya kolestrol, wah.. mending makannya pakai perasaan yaa!

4. Sate Klopo Ondomohen
Setelah ke 3 spots tadi, kita balik istirahat ke hotel dan keluar lagi untuk makan malam sekitar jam setengah 7 malam. Tujuan kita itu ke Sate Klopo Ondomohen yang katanya selalu antri dan tunggu-tungguan. Tempatnya emang nggak terlalu besar dan nyaman, jadi pilih baju yang nyaman. Yaa.. namanya juga mau makan Sate, udah pasti bau asep kan, hehe. Disini itu ada berbagaimacam

Sate Ayam, Sate Daging Sapi, Sate Usus Sapi, Sate Sumsum Sapi

Sate yang ditawarkan, mulai dari Sate Ayam, Sate Daging Sapi, sampai dua jenis Sate yang nggak pernah aku bayangin sebelumnya, Sate Usus dan Sate Sumsum. CRAAP!! Pas pertama kali denger ada yang namanya Sate Usus dan Sate Sumsum, aku langsung hajar dua Sate itu! Tbh, Aku bukan orang yang jijik-an atau pilih-pilih sama makanan, selama bukan pete dan jengkol, kayaknya bisa Aku makan deh.

Rasa Sate Usus dan Sate Sumsumnya itu enak banget! Nggak ada rasa amis dan juicy banget! Bumbu kacangnya juga lebih kental daripada bumbu kacang untuk Sate pada umumnya. Kalau dirasa-rasa kayak ada kelapa gongseng-nya. Dari semua makanan yang udah aku datengin Sate Klopo Ondomohen ini adalah yang paling favorit dan pasti akan aku datengin lagi kalau ke Surabaya.

DAY 2 - 3 November 2018

1. Tauwa Kacang Koa Ijo Cak Yudi CS

Penjualnya pakai baju seperti ini ya guys yang enak!

Kalau dari namanya, bayangan aku pertama kali itu makanan ini adalah chinese food. Padahal, Tauwa Kacang Koa Ijo itu bentukannya mirip sama Wedang Jahe kalo malem-malem. Jadi sebenernya makanan ini tuh semacam olahan kuah jahe, dengan topping kacang koa (kayak kacang tanah gitu), kacang ijo, cakwe, tahwa dan santan kental campuran sagu yang endul banget! Rasanya seger banget buat dimakan pagi-pagi dan cukup enteng kalau buat sarapan.

Makan Tauwa Kacang Koa Ijo dipinggir jalan dan dibawah pohon, YOWM!

Sebenernya makanan ini lebih cocok dimakan pas malam hari sih, sayangnya Tauwa Kacang Koa Ijo Cak Yudi CS ini cuma jualan pas pagi hari dipinggir jalan dan selalu habis sebelum siang. Kacaw deh rasanya! Meskipun dipinggir jalan, makanan ini katanya favorit crazy rich Surabaya, lho!

2. Bebek Sinjai Madura
Dari Tauwa Kacang Koa Ijo Cak Yudi CS, kita melipir ke pulau seberang. Yes! Madura. Kata Mbak-ku di rumah, kalau ke Madura jangan cari Sate Madura, nggak bakalan ada. Tapi kalau kamu cari makanan per-bebekan? sepanjang jalan pasti ada.

Dari sekian banyak penjual masakan bebek yang ada, pilihan kita udah pasti yang paling terkenal, Bebek Sinjai.  Udah punya tempat yang menurutku gede banget aja, kalau mau makan di Bebek Sinjai ini harus ngantri kursi kosong dulu. Pesan dan ngambil makanannyapun harus mandiri a.k.a ambil sendiri di loket yang udah disediakan. Kalau nunggu mau di layanin, bisa besok kali baru makan. Kemarin aku pesen Bebek Goreng dengan potongan Dada. Jujur ini pertama kalinya aku makan bebek dengan potongan dada. Biasanya aku nggak suka dengan daging dada karena teksturnya terlalu kasar dan kurang juicy. Alhamdulillahnya nih, disini bebeknya nggak alot, nggak amis dan juicyyyy! Dimakan bareng sama sambel mangga, aduh petjah banget cuy! Kalo nggak takut pulangnya kolestrol, rasanya pengen pesen dua porsi.

3. Batik Tresna

Pembuatan batik di sanggar Tresna

Bukan cuma wisata kuliner aja, traveling bareng Travelokaeats kali ini juga visit ke beberapa hidden gem yang keren banget kayak Batik Tresna ini. Bukan cuma sekedar jualan batik, ditempat ini kamu juga bisa liat rumah-rumah asli Madura dan nyobain kuliner seru kayak Bubur Madura (semacam Bubur Sumsum gitu) dan Rujak Madura. Gokil!

Batik Tresna ini tempatnya adem banget, jadi kita bisa nikmatin makanan khas Madura disini sambil santai-santai.

Bukan cuma batik, disini juga ada berbagaimacam karya anyaman.

Di Batik Tresna ini, hampir semua spot-nya photoable! Jadi pastiin kalau kesini baterai kamera kamu penuh yaa!

4. Mercusuar Bangkalan

Mercusuar Bangkalan

Ke Madura belum afdol kalo belum ootd di Mercusuar Bangkalan. Mirip sama Mercusuar fenomenal di Belitung bentuknya, Mercusuar ini punya area yang cukup instagenic mirip kayak di Korea. Belum pernah ke Korea sih, tapi siapa tahu jadi do'a kan? HAHAHA.

Bedanya sama Korea mungkin disini itu.... panas banget! Maklum, pulau, bor! Iseng cek kemarin, suhu udara disini sampai 40 derajat celcius! Ada baiknya kalo jalan-jalan ke Madura, pulangnya minum obat panas dalam biar nggak gampang sakit. HEHEHE!

5. Zangrandi

Bali Dream Ice Cream

Ini sejujurnya punya salah satu temen satu meja waktu itu. Aku lupa namanya apa.
Tapi intinya ini rasa vanilla dan enak banget. Aku sempet coba! Hehehe. Dibawahnya itu ada lapisan pie, enak!

Konon katanya nih, es krim yang dijual disini itu resepnya udah turun-temurun asli dari zaman Belanda. Tempatnya yang masih vintage dan persis di pinggir jalan, bikin suasana makan es krimnya jadi semakin semriwing! Dari sekian banyak es krim yang ditawarkan, Aku milih es krim Bali Dream karena dari deskripsinya menarik gitu, ada buah-buahnya. Jujur aja, Aku lebih suka rasa kecut daripada manis kalau beli es krim. Es krim disini itu terkenal dengan rasa rum-nya yang khas. Nggak bikin pusing tapi berasa. Ya... bisa dibilang mirip kue black forest lah rasa rum-nya.

6. Soto Madura Tapak Siring

Kalau di Google Maps, cari Soto Daging Tapak Siring.

Dulu Aku pikir yang namanya Soto di Indonesia ini cuma ada lima; Soto Ayam, Soto Babat, Soto Daging, Coto Makassar dan Soto Padang. Ternyata? Ada lagi yang namanya Soto Madura. Hampir mirip sama kuah Soto pada umumnya yang bening dan berwarna kuning, bedanya Soto Madura lebih terasa ringan dan seger banget ditenggorokan. Bisa pilih rupa-rupa daging yang disediakan, disini sensasi makannya bener-bener nikmat buat malam hari. Kamu juga bisa tambahin lagi dengan ekstra telur rebus atau kerupuk udang. Rekomendasi dari Aku pesen Soto Madura campur daging - paru, maknyosss!

DAY 3 - 4 November 2018

1. Bubur Ayam Spensix

Ngantrinya harus ditungguin,
kalau nggak bisa kesalip orang saking ramainya.

Biar kayak anak gaul, hari minggu sarapannya ya harus makanan hits kota kunjungan, lah! Katanya nih, Bubur Ayam Spensix ini nggak pernah sepi pengunjung karena rasanya yang enak banget padahal cuma makanan gerobakan yang makannya dipinggir jalan. Aku termasuk orang yang percaya sih, mau makanan di pinggir jalan kek, di pertigaan pasar kek, bukanya pagi doang kek, kalo emang rasanya enak, pasti disamperin! Bener aja, bubur disini enak menurutku. Nggak terlalu encer dan nggak terlalu kental, pas! Satenya yang dikemas unik dalam plastik kilo-an juga bikin sensasinya jadi beda aja gitu. Buat kamu yang suka makan telur 1/2 matang dicampur pakai bubur, nah disini bisa! Tapi karena aku tak suka, maka aku tak pesan, hehe!

Dari sarapan bubur Ayam, akhirnya kita melipir sedikit ke icon-icon kota Surabaya. Disini kita bisa lihat banyak bukti jasa-jasa para pahlawan Indonesia yang dikemas dalam berbagai macam media. Cool! Taman dan setting tempat disini juga dibuat serapih dan sebersih mungkin oleh pemerintah kotanya, lho!

Taman Tugu Pahlawan Museum Sepuluh November

2. Rujak Cingur Achmad Jais

Siapa bilang crazy rich Surabayan semuanya makan makanan fancy terus? Rujak Cingur yang satu ini nih favorite mereka banget katanya. Menjual Rujak Cingur dengan harga Rp. 70.000++/porsi, Rujak Cingur Achmad Jais ini diklaim sebagai RUJAK CINGUR TERMAHAL SEDUNIA, HAHAHAHAHA. Rujak Cingur ini udah bikin keselek duluan kayaknya pas tau harganya. Tapi pas udah coba? hmm, langsung kepingin bungkus dua kali ya? ENAK BOR! Kualitas sayur dan buahnya emang beda. Bener-bener fresh dan terbaik. Karena ini pertama kalinya aku makan cingur, first impression yang dikasih bagus banget. Enak dan nggak amis. Padahal pas ngebayangin sebelumnya, ini kan hidung Sapi..... pasti aneh dan bau. Ternyata nggak. Berhubung Ibu-ku suka banget Rujak Cingur, kayaknya mampir kesini lagi lain kali boleh juga.

3. Pasar Genteng - Pasar Atom

Suasana jalan Genteng enak banget! Awannya biru juga. Meskipun disini panasnya
kebangetan, tapi udaranya masih fresh.

Karna hari itu juga Aku bakal balik ke Jakarta, nggak afdol kalo nggak bawa oleh-oleh buat orang dirumah dan dikantor. Akhirnya aku diajak ke sepanjang jalan Genteng buat liat berbagaimacam oleh-oleh yang dijual. Ke Surabaya nggak beli Almond Crispy itu sayang banget. Makanya udah pasti Almond Crispy jadi borongan terbanyak. Terus belanja berbagaimacam olahan sambel dan pia juga deh! Sebenernya kalo pia bukan sesuatu yang khas banget sih, cuma oke lah kalau buat oleh-oleh.

Dari belanja oleh-oleh Aku dan teman-teman lainnya diajak buat main amazing race di Pasar Atom. Jadi kita harus makan di tiga lokasi random gitu dengan clue yang minim banget. Susah, tapi seru abis! Bener-bener memorable lah hari itu.

4. Soto Ayam Cak Har

Aku pesan Soto Ayam Paha. Beneran daging paha semua, lho!

Meskipun katanya di Jakarta cabangnya si Cak Har ini udah banyak, Aku kok kayaknya belum pernah makan ya... Disini pertama banget nih! Soto Ayamnya cukup unik. Bisa pilih mau daging paha atau dada. Keren kan? Porsinya juga lumayan besar jadi mantep banget buat jadi pengganjal perut selama perjalanan Surabaya - Sidoarjo terus flight lagi ke Jakarta. Dari segi rasa hampir sama aja sih kayak Soto Ayam pada umumnya, tapi tempatnya menurutku oke banget buat makan sama keluarga.

Nah, kurang lebih begitulah cerita Fia menjelma jadi Aruna selama tiga hari. Pulang-pulang langsung detox dan mendadak makin rajin olahraga HAHAHA. Thank you so much Traveloka & Travelokaeats for the treats! Seneng banget bisa jadi bagian acara seru ini. Semoga bisa berkelanjutan dan artikel ini bermanfaat yaaa!